MAN Ciawigebang kembali Menggelar Donor Darah

donodr1

Kamis, 3 Maret 2016, pukul 09.00 rombongan PMI Kabupaten Kuningan telah tiba di MAN Ciawigebang. Mereka diterima oleh Dra. Hj. Farida sebagai pembina PMR dan juga para anggota PMR kelas X dan XI yang biasa membantu pelaksanaan Kegiatan Donor.
Para pendonor yang mayoritas kelas XII ini mulai menjalani pemeriksaan yang meliputi: penimbangan berat badan, pengukuran tensi, pemerisaan hb darah sekaligus pengecekan golongan darah bagi pendonor pemula. Dari hampir 40 pendonor yang mendaftarkan diri –di antaranya bapak guru – hanya ada 28 orang yang bisa mendonorkan darahnya. Sisanya tidak bisa donor karena beberapa alasan, seperti hb yang tidak mencapai batas normal atau tensi darahnya yang terlalu rendah dan berat badan yang tidak memenuhi syarat.
Suasana kegiatan Donor Darah ini tampak meriah. Banyak siswa yang sekedar melihat-lihat. Mereka tampaknya masih takut ikut donor, terutama kata mereka,”Jarumnya gede banget, takut!” Para siswa pun banyak yang bertanya kepada petugas PMI seputar donor darah. Perlu diketahui secara umum pendonor itu harus memenuhi syarat: sehat jasmani dan rohani, usia minimal 17 tahun, tidak sedang haid bagi wanita, cukup istirahat/tidur dan sebelumnya sudah sarapan.
Ada banyak manfaat donor darah bagi para pendonor: memelihara kesehatan jantung, tubuh memproduksi darah baru, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan mental (psikologis), dan mendeteksi berbagai penyakit.
Oh ya, kegiatan Donor selesai pukul 14.00 WIB.
Terima kasih kepada semua pendonor juga PMI Kabupaten Kuningan yang tetap menjadi mitra bagi MAN Ciawigebang.

Posted on: March 8, 2016, by : asep wahyudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>