Bedah Buku dan Pelatihan Jurnalistik Siswa MAN Ciawigebang

IMG_20151124_175146

 

Tepat pada hari Minggu tanggal 22 November 2015 sekitar pukul 09.15 WIB siswa dan siswi MAN Ciawi gebang berkumpul di Madrasah tersebut meskipun pada saat itu hari libur dimana pada umumnya pada hari itu siswa maupun siswi menggunakan hari itu untuk liburan dan bermain, tapi beda dengan siswa/i  MAN Ciawi Gebang yang menggunakan hari libur untuk menghadiri acara bedah buku dan pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh salah satu komunitas yang bergerak dibidang sosial dan kepedulian terhadap pendidikan anak, yaitu komunitas “READ A BOOK HUMAN COMUNITY”  yang diketuai oleh Diding Zaenudin dan dibina langsung oleh Aof Ahmad Musyafa.

Diding zaenudin mengatakan acara pelatihan jurnalistik dan bedah buku sangat penting bagi siswa dan siswi, karena pada saat ini sangat sulit menemukan orang yang bisa menulis, kebanyakan hanya bisa berteori tanpa ada perakteknya, oleh karena itu saya bersama komunitas Read a Book Human Comunity mengadakan acara tersebut. Dan ini merupakan salahsatu bentuk kepedulian kami dan sebagai cara membekali siswa dan siswi agar gemar menulis dan membaca guna bekal mereka di masa yang akan datang. Pada acara tersebut kami mengundang salah satu media yang ada di wilayah Cirebon yang peduli terhadap pendidikan anak yaitu “JINGGA MEDIA” yang diwakili oleh mas Shobih adnan dan mas Ahmad Rafahan, selain aktif d jingga media beiau juga aktif d salah satu tv swasta yang ada di Indonesia sebagai reforter.

Pada acara tersebut hadir salah seorang guru dari MAN Ciawi Gebang bernama yang Asep Wahyudin S.Pd.  Yang juga sebagai pembedah buku ynag berjudul “ Kepada Indonesiaku”  dimana buku ini adalah kumpulan 25 naskah terbaik dari jumlah 237 surat yang masuk dalam lomba menulis surat yang diselenggarakan oleh MadingSekolah.net pada tahun 2015 untuk menyambut HUT Republik Indonesia yang ke -70 tahun. Pada acara tersebut Pak Asep sangat mengapresiasi kegiatan ini dan beliau menginginkan acara tersebut bisa berlanjut.

Setelah acara bedah buku selesai dilanjut dengan acara pelatihan jurnalistik selama 120 menit, yang dibimbing langsung oleh mas Ahmad Rafahan. Pada acara tersebut para siswa dan siswi sangat antusias dan khusu mendengarkan materi tentang jurnalistik seperti cara menulis, mencari berita dan yang tak kalah penting adalah penyampaian 5W1H  (What, Who, Where, When, Why dan How), dimana 5W1H adalah sebagai salah satu syarat menarik atau tidaknya sebuah berita atau tulisan. Dan ketika dibuka season tanya jawab diakhir acara banyak siswa dan siswi yang antusias bertanya tentang hal menulis dan cara menjadi jurnalis yang baik.

Acara tersebut diadakan untuk siswa dan siswi baik jenjang Menengah Pertama dan Menengah Atas karena pada usia tersebut pemikirannya masih jernih belum terdokterin oleh pihak manapun, sehingga apa yang mereka sampaikan itu murni dari hasil pemikiran dan hatinya sendiri, tutur mas Shobi Adnan pada acara tersebut.

 

Posted on: November 25, 2015, by : asep wahyudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>